Saturday, January 11, 2014

Taman Fleksi - Dago

flickr.com
Tidak sulit mencari taman di kota Bandung. salah satunya adalah Taman Fleksi. Saya tidak tahu pasti kenapa dinamakan taman Fleksi atau nama lamanya. Tapi berdasar informasi dari seorang teman kerja, dulu nama taman ini adalah Taman Surga. Disebut begitu karena sering jadi pemuda-pemudi pada jaman itu mereguk "surga dunia" di area taman tersebut. Tapi ada yang bilang juga karena pohon besar yang ada di taman Fleksi ini dianggap sebagai simbol surga. Mohon maaf jika salah. Silahkan diklarifikasi jika keterangan yang saya sebutkan ini salah.

Sedangkan disebut Taman Fleksi karena kalau kita perhatikan taman ini dikelilingi oleh logo salah satu operator telepon CDMA. Hal ini mungkin lebih memudahkan bagi generasi sekarang dalam menandai atau mengingat nama taman ini dibanding jika memakai nama lamanya, Taman Surga.

Namun sayangnya reputasi taman Fleksi cenderung negatif dibanding positifnya. Saya hanya bisa
menyarankan untuk menghindari area ini terutama malam hari. Beberapa hal yang saya ketahui dan lihat langsung di daerah taman fleksi selama saya lewat didaerah itu, karena tempat kerja yang dekat dengan area tersebut, adalah sering dijadikan sebagai tempat kumpul beberapa genk motor dan ajang mabuk-mabukan yang terkadang menimbulkan konflik tersendiri yang tidak jarang berujung keributan. Mungkin ini juga tidak lepas dari keberadaan Toko Dago 34 dan Warung Internasional yang menyediakan minuman beralkohol. Mohon maaf kalau salah dan menyinggung...


Tentu saja selain hal-hal yang dipandang "negatif", Taman Fleksi juga punya sisi positifnya juga yaitu bisa menjadi salah satu ruang terbuka hijau di kota Bandung yang berperan mengurangi polusi jalan Dago yang makin lama makin tinggi terutama yang berasal dari kendaraan bermotor.

Semoga saja semakin ke depan Taman Fleksi bisa dibuat semakin nyaman bagi warga Bandung. Diberi penerangan yang cukup pada malam hari dan sering-sering dilakukan patroli oleh pihak keamanan untuk mengurangi potensi konflik. Semoga...


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...